Senin, 19 September 2011

PENGERTIAN LAN,MAN,WLAN

Setelah panjang lebar posting jaringan,, kayanya masih ada yang kurang :D , hal yang kecil tapi penting. Yaitu pemahaman tentang  area jaringan seperti LAN, MAN, LAN, WLAN, dll
  • Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung bersama dalam satu area tertentu yang tidak begitu luas. Seperti di dalam satu kantor atau yang paling mudah itu contohnya  warnet oh ya 2 PC yang terhubung secara Peer to Peer saja sudah termasuk LAN. Pada saat ini LAN berbasis pada tekhnologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan Switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.
  • MAN (Metropolitan Area Network) adalah beberapa LAN yang di gabungkan menjadi satu jaringan. Jangkauan MAN antara 10 – 50 KM. Kalo baca di buku-buku MAN termasuk dalam network dalam satu kota yg saling terhubung.  Tapi mendengar cerita dosen waktu di kelas kemaren  sebuah Kampus memiliki 2 Laboratorium Jaringan, LAB 1 di Gedung A dan LAB 2 digedung B. Jika kedua Lab tersebut saling terhubung maka bisa dikatakan MAN. Karena ini juga gabungan dari LAN
  • WAN (Wide Area Network) WAN mencakup area yang lebih luas lagi yaitu antar Kota, Wilayah, atau bahkan antar negeri . Sehingga user bisa saling berkomunikasi dengan user lain walau berbeda lokasi atau daerah.
  • WLAN (Wireless LAN) adalah tekhnologi baru koneksi LAN yang menggunakan Gelombang. tekhnologi yang digunakan adalah 802.11b/g/n (biasa disebut Wi-fi). sering digunakan untuk membangun LAN karena tidak ribet tarik-tarik kabel :D . nah klo tempat-tempat yang biasa menyediakan koneksi LAN dengan sinyal Wifi disebut HOT SPOT (ada yang gratis tapi biasanya di café-café atau di Resto-resto tapi paling ngga harus makan dulu, klo ngga malu sich pesen air putih aja trus internetan sepuasnya :D )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar