Kamis, 29 September 2011

Mengimport Table Dari Excel Ke Access 2007

Anda bisa mengambil data yang anda buat dalam Excel ke dalam database Access. Untuk mengambil data dari Excel sebenarnya ada banyak cara yaitu dengan mengcopy dari Excel, mengimport data pada excel kemudian menaruhnya pada tabel baru atau tabel yang sudah ada atau membuat link ke Excel. Tutorial kali ini akan menjelaskan secara detail cara mengimport data dari Microsoft Office Excel.

  1. Buka Microsoft Office Excel, kemudian buat tabel seperti di bawah:



    Kemudian beri nama range tabel dengan TBarang. Klik di sini jika anda belum tahu cara membuat range name. Kemudian simpan lembar kerja.
  2. Buka Microsoft Access, pada menu External Data, di group Import pilih Excel .
  3. Akan muncul wizard untuk mengimport data ke excel. Pilih Browse, kemudian cari di mana anda menyimpan lebar kerja Excel. Kemudian klik OK


  4. Di sini anda disuruh menentukan range atau lembar kerja yang berisi data yang ingin anda import. Jika anda sudah memberi nama Range pada lembar kerja Excel, pilih Show Named Range, maka akan ditampilkan nama range TBarang. Kemudian Klik Next.


  5. Beri centang pada Firs Row Contains Column Headings sehingga baris pertama akan dijadikan heading atau nama field pada Acces. Kemudian klik Next.


  6. Anda bisa mengubah nama field, Data Type serta mengatur Index untuk setiap Field atau Heading. Kemudian klik Next.


  7. Access akan memberikan pilihan untuk pemberian Primary Key pada Tabel.
    Let Access add primary key artinya access akan membuatkan field baru pada tabel dan menjadikannya sebagai fiield primary key.
    Choose my own primary key artinya anda memilih sendiri field yang ingin dijadikan primary key yang ada pada tabel. Jika anda tidak ingin menambahkan primary key, pilih No primary key.


  8. Beri nama Tabel kemudian klik Finish.


  9. Bila anda ingin menyimpan proses import, beri centang pada Save import steps. Kemudian klik Save Import. Jika tidak klik Close.

  10. Bila anda melakukannya dengan benar akan ditambahkan sebuah tabel pada navigation pane.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar