Senin, 12 September 2011

STUDI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

PERKEMBANGAN teknologi informasi dan komunikasi makin pesat. Namun sumber daya yang ahli dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia masih terbatas.
Karena hal itu, kemudian bermunculan sekolah-sekolah dengan jurusan bidang teknologi informasi. Seperti di SMK Negeri 1 Cibadak Sukabumi, Jawa Barat. Sejak tahun ajaran 2004/2005 membuka bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi.
Menurut Ketua Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika SMKN 1 Cibadak, Nono Juarno, saat ini animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya di bidang studi keahlihan teknologi informasi sangat besar. Mereka menilai ke depan tenaga di bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan.
“Dulu SMK umumnya jurusannya hanya bidang Akutansi, Manajemen maupun Tata Usaha, namun saat ini dengan perkembangan jaman juga dibuka bidang teknologi informasi. Peminatnya juga luar biasa,” jelasnya.
KTSP 2010
Awalnya kurikulum yang digunakan, kata Nono adalah kurikulum tahun 2004. Namun seiring dengan perkembangan, kini kurikulum yang digunakan adalah KTSP 2010.
“Kurikulum juga semakin disempurnakan sesuai dengan perkembangan,” sambungnya.
Program unggulan pada Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, di SMK N 1 Cibadak antara lain Kompetensi Keahlian Multimedia, Animasi, Film Dokumenter, dan CD Interaktif. ”Sebagai sarana latihan bagi siswa juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan multimedia untuk memperdalam ilmunya,” ungkap Nano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar