Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.
Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.
Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena Informasi Komunikasi dan Teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.
Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.
Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.
Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT CLINIC khususnya di SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Muhajirin AHM
Aplikasi : Sekumpulan program sebagai sebuah paket untuk melakukan tugas khusus (lengkap), misalnya mengolah kata dan mengolah angka dan menggambar.
3 D : Singkatan Three Dimension. Tampilan gambar dengan unsur matra dimensi yang lengkap (panjang, tinggi dan kedalaman).
2 D : Singkatan Two Dimension. Tampilan gambar dengan unsur matra atau 2 dimensi (panjang dan tinggi).
CD ROM : Compact Disc-Read Only Memory. Tempat/pemutar CD yang hanya bisa dibaca, tidak dapat dimasuki data baru atau dihapus.
CD RW : Compact Disc-Read and Write (CD Writer). Tempat/pemutar CD yang bisa dibaca, dan dapat dimasuki data baru atau dihapus.
Gigabyte (Gb) : Satuan ukuran data digital. 1 Gb = 1.024 Mb (Megabyte).
Megabyte (Mb) : Satuan ukuran data digital. 1 Mb = 1.024 Kb (Kilobyte).
Instal : Dari install. Memasukkan dan memasang software atau program dari komputer.
Loading : Proses transfer data (pemindahan data) dari satu media penyimpanan/komputer ke media/komputer lain.
Offline : Suatu keadaan yang menyatakan bahwa sebuah komputer tidak atau belum terhubung ke komputer lain.
Online : Suatu keadaan yang menyatakan bahwa sebuah komputer terhubung ke komputer lain.
Server : Komputer yang menjadi pusat dari sebuah jaringan dan melayani komputer lainnya.
Prosesor : Keping elektronik mungil/kecil yang menjadi otak komputer, terletak di CPU.
Pointer : Tanda panah (atau tanda lain) pada layar monitor yang mewakili posisi dan gerakan mouse.
Desktop : Bidang pada layar monitor yang berisi icon siap klik untuk membuka program.
Icon : Gambar kecil di layar monitor yang mewakili sebuah program, file atau menu.
Shortcut : Sebuah langkah pendek, yang diwakili oleh icon, untuk membuka file dan program (cukup dengan mengekliknya).
Wallpaper : Gambar atau pola grafis yang menjadi pengisi layar monitor saat layar tersebut tidak menampilkan jendela aplikasi secara utuh.
Graphics : Diindonesiakan sebagai grafik. Informasi pada komputer yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau teks bergaya gambar.
WordArt : Fitur dalam microsoft word untuk membuat teks dengan bentuk yang beragam (lingkaran, bulat, dan lonjong).
ScreenSaver : Gambar bergerak atau animasi pada layar yang akan aktif jika komputer tidak menerima perintah dari kibor (keyboard) dan mouse dalam waktu tertentu.
Toolbars : Garis lebar melintang pada sebuah jendela aplikasi yang berisi tombol perintah.
Font : Bentuk dan gaya huruf yang diberi nama.
Text Box : Fitur dalam microsoft word untuk menuliskan teks yang dapat digeser ke segala sudut lembar dokumen.
ClipArt/Clipart : Koleksi/macam gambar digital yag siap disisipkan ke dalam dokumen yang dikerjakan di komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar